Ulasan Seputar Kisaran Harga Aki Motor Berdasarkan Jenis-jenisnya

Kendaraan membutuhkan lebih dari sekedar bahan bakar untuk bisa digunakan, berbagai macam komponen yang berhubungan dengan kelistrikan untuk membuatnya menyala dan dipakai, salah satu diantaranya adalah aki atau accu. Pastinya tak asing dengan cairan yang satu ini bukan, meskipun tidak berhubungan langsung dengan nyala sebuah kendaraan, namun pada dasarnya ia juga masuk sebagai salah satu bahan bakar yang dipakai guna menjalankan komponen pada kendaraan, seperti diantaranya adalah menyalakan klakson, kemudian menyalakan lampu dan sejenisnya. Konsumen bisa dengan mudah menemukan berbagai merk dan harga aki motor  ini di pasaran.

Rata-rata dari mesin sebuah kendaraan, baik itu motor maupun mobil sendiri membutuhkan aki dengan tegangan 12 volt. Dengan ukuran atau nilai tersebut sudah aman dan juga nyaman digunakan untuk berkendara. Di pasaran sendiri memang bukan hal yang sulit bagi Anda ketika tengah mencari produk yang satu ini. Tentunya dengan berbagai tawaran harga, bisa menyesuaikan dengan keuangan Anda sendiri.

Namun sebelum berbicara mengenai harga aki motor sendiri, maka sebelumnya konsumen wajib tau ragam atau jenis-jenis aki ini, sehingga tak salah dalam memilih, diantaranya ada:

  1. Aki basah, produk yang paling banyak dijumpai di pasaran dengan pengguna juga yang paling tinggi, produk aki ini bentuknya adalah sebuah cairan elektrolit yang mengandung asam sulfat. Umumnya menjadi produk standard yang digunakan untuk kendaraan bermotor, salah satu keunggulannya adalah harganya yang tergolong murah dan sangat mudah untuk menjumpainya di pasaran, hampir di setiap toko onderdil kendaraan akan menjual aki ini, namun belum tentu dengan jenis yang lainnya. Hanya saja kelemahannya adalah mudah habis.
  2. Aki kalsium, sebenarnya jika dilihat aki yang satu ini memang serupa dengan aki basah, bentuknya juga cairan, yang membedakan hanya dilihat dari bagian kutupnya sendiri, yaitu terbuat dari bahan kalsium. Kurang begitu populer di dalam negeri, namun memang ada dan kualitasnya juga bagus ketika digunakan pada kendaraan jika dibandingkan dengan aki standard yaitu aki basah.
  3. Aki hybrid, produk hybrid tak hanya ditemukan pada perangkat teknologi saja, melainkan juga aki, dimana aki ini diciptakan atas penggabungan antara aki basah dengan kalsium. Sehingga khusus penggunaannya sendiri tak jauh berbeda dibandingkan dengan aki basah maupun kalsium, bahkan ia dikatakan sebagai produk yang kualitasnya bagus untuk menjaga performa kendaraan.
  4. Aki kering, beberapa menyebutnya sebagai aki MF atau maintenance free, meskipun dikatakan sebagai produk aki kering, namun bukan berarti tanpa keberadaan cairan, karena kenyataannya masih ada cairan yang digunakan dalam produk tersebut. Dengan menggunakan aki ini, maka dapat meminimalkan terjadinya penguapan cairan elektronik yang ada pada setiap sel. Karena memang sistem pemakaiannya adalah dalam jangka waktu beberapa tahun, maka tak perlu repot-repot dalam melakukan pengecekan apakah sudah habis atau masih ada. Karena bisa dilihat langsung kapan waktu habisnya, sehingga bisa langsung diganti otomatis.
  5. Aki gel, ia adalah teknologi terbaru yang dibesutkan sebagai pengganti aki dengan cairan elektrolit, bentuknya layaknya sebuah gel yang diklaim menjadi yang paling hemat juga mudah digunakan. Bahan ini juga jadi yang paling ramah lingkungan, sehingga banyak diantara pengendara motor yang berpindah menggunakannya, namun dari segi harga memang agak lebih mahal.

Penting mengenal jenis dan juga harga aki motor tersebut agar tak salah dalam memilih.

(Visited 34 times, 1 visits today)

Leave a Reply