Reksadana Pasar Uang Lebih Untung dari Deposito, Simak Ulasannya Berikut!

Investasi merupakan langkah terbaik untuk bisa mempersiapkan keuangan di masa depan nantinya. Mengingat masa depan yang tidak bisa diprediksi, maka langkah berinvestasi adalah langkah yang terbaik yang bisa dilakukan demi mengantisipasi segala sesuatu. Instrumen investasi yang kini sudah tersedia pun amat beragam mulai dari emas, deposito hingga yang kini sedang banyak diminati adalah reksadana. Reksadana juga banyak jenisnya dan salah satunya adalah reksadana pasar uang  yang diklaim mampu memberikan keuntungan cukup banyak. 

Investasi jika dilakukan melalui reksadana adalah investasi yang dilakukan lewat perusahaan reksadana. Kini proses investasi ini pun tidak sulit karena Anda hanya perlu mengumpulkan uang lalu diberikan ke Manajer Investasi yang nantinya uang itu akan diinvestasikan ke pasar uang. Jumlah uang yang perlu Anda berikan nantinya akan dikonversi ke bentuk unit reksadana dan disebut dengan Nilai Aktiva Bersih. Nantinya peningkatan ataupun penurunan harga pada satuan unit reksadana itu tergantung dari keuntungan ataupun kerugian yang dilakukan oleh MI dan pada kondisi keuangan baik nasional maupun internasional.

Dibanding dengan jenis reksadana lainnya, reksadana jenis pasar uang diklaim paling aman. Meski begitu, keuntungannya juga tidak sebesar dengan jenis reksadana lainnya. Dalam hal ini maka banyak yang membandingkan antara reksadana pasar uang dengan deposito dan ternyata reksadana jenis pasar uang adalah yang memiliki kelebihan. Berikut ini kelebihannya dibanding deposito:

 

  • Keuntungan dapat lebih tinggi

Jika Anda berinvestasi pada deposito, maka keuntungan yang didapat adalah sudah dipastikan sejak awal dimana kisaran suku bunganya adalah 4% sampai 6%. Namun berbeda jika Anda memilih reksadana karena potensi mendapatkan keuntungan lebih besar dimana perputaran uangnya tidak hanya terpaku di satu jenis produk investasi sehingga mampu mendapat keuntungan lebih besar dibanding produk investasi pasar uang yang bagus di pasaran saat ini.

 

  • Jumlah investasi minimal lebih rendah

Di dalam reksadana jenis pasar uang, Anda dapat mulai investasi dengan modal rendah mulai dari 100 ribu saja. Hal ini pun menjadikan reksadana lebih bisa dijangkau oleh masyarakat dari kalangan manapun. Berbeda halnya dengan deposito dimana nilai minimal adalah 1 juta dan bahkan lebih dari itu. Namun dengan angka investasi yang lebih besar, ternyata return cenderung lebih kecil.

 

  • Pengambilan fleksibel tanpa denda

Jika Anda investasi di deposito, uang yang sudah didepositokan tidak bisa diambil secara seenaknya. Ada jangka waktu yang wajib untuk Anda penuhi sebelum uang dapat diambil dan jika memang Anda ingin mengambil sewaktu-waktu maka Anda akan dikenakan denda. Oleh karena itu Anda harus memikirkan secara benar-benar matang tentang berapa lama jangka waktu uang deposito itu tidak Anda perlukan. Namun hal ini berbeda jika Anda memilih investasi dari reksadana dimana pengambilannya lebih fleksibel kapan saja tanpa adanya jangka waktu dan syarat sulit lainnya. Pencairan yang bisa dilakukan secara online pun memberikan kelebihan tersendiri dimana bisa dilakukan dimana saja.

Itulah beberapa sisi keunggulan reksadana yang perlu Anda ketahui. Namun reksadana pasar uang juga punya kekurangan dimana tetap ada resiko yang membayangi (meski kecil) dan juga jumlah return yang tak pasti mengingat keuntungan ini nantinya adalah berdasarkan kondisi pasar, kemampuan MI dan masih banyak lagi faktor lainnya. Kini reksadana sudah bisa Anda lakukan di situs belanja online sehingga kian mudah dalam memilikinya.


Leave a Reply