Cara Merawat Batik Hasil Print Kain Digital

Karena batik merupakan motif asli Indonesia, merawatnya agar tahan lama itu sangat penting. Walaupun mudah melakukan print kain, tapi rasanya sangat tidak rela kalau motif kainnya pudar dan sebagainya. Batik bisa jadi tekstil yang lembut, namun dengan beberapa praktik perawatan yang baik, Anda bisa mengawetkan batik Anda selama bertahun-tahun yang akan datang. Berikut adalah tips utama kami tentang cara merawat produk batik Anda.

Cuci Dingin

Memiliki kain batik adalah harta berharga. Cara terbaik untuk membersihkannya adalah dengan cara mencucinya menggunakan tangan dan air biasa atau dingin. Gunakan sabun lembut seperti sampo bayi karena tidak akan bereaksi dengan pewarna pada batik Anda. Meski begitu, ingatlah untuk memperhatikan warna motif kain batik. Untuk mengeringkan, cukup membaringkan batik Anda atau menggantungnya.

Tapi, jika menggunakan print kain digital warna batik akan lebih awet tahan lama. Tapi, itu tergantung cat dan kainnya juga. Jika kain katun, biasanya lebih mudah kelihatan lawas. Alangkah baiknya, tidak dikeringkan pada tempat yang terlalu panas. Jika Anda menggunakan jasa marketplace desain, bisa memilih jenis kain sendiri dan bagaimana jenis desain batiknya. Mintalah tinta yang tahan lama pula.

Penyimpanan Sehari-hari untuk Kain Batik

Beberapa potong batik tidak dimaksudkan untuk dipakai santai. Jenis ini biasanya untuk acara-acara besar seperti pernikahan, atau sebagai dekorasi rumah. Kalau mempunyai kain batik sebaiknya, tidak disimpan dengan cara digulung. Lebih baik lipat dengan rapi atau digantung saja karena kain batik umumnya dicetak pada kain katun atau kain yang lembut dan mudah menimbulkan bekas lipatan.

Penyimpanan yang benar

Seperti banyak hal yang kita miliki, kelembaban merupakan penyebab utama memudarnya warna Batik. Jaga agar pakaian batik, cengkeraman dan aksesori lainnya tetap kering . Simpan ditempat yang kering. Motif kain batik tidak seperti motif seamless pattern yang polos tidak mempunyai tingkat kedetailan tinggi. Jika motif batik pecah-pecah, kelihatannya akan sangat tidak bagus. Mungkin Anda akan malu mengenakannya.

Kualitas motif atau pola juga ditentukan pada jasa print kain yang Anda gunakan. Bila jasa tersebut tidak bisa memadukan warna dengan baik atau kurang menguasai teknik cetak kain, mungkin saja batik Anda cepat menjadi buruk. Pemilihan jasa print kain harus dilakukan dengan tepat dan teliti. Anda bisa melihat bagaimana kualitasnya dari para konsumen yang sudah pernah menggunakan jasanya.

Kalau Fullprint.id sudah terpercaya, selain menyediakan banyak macam kain dan desain, juga menampilkan hasil kain yang sudah jadi. Jadi, kualitasnya tidak bisa dibohongi. Fullprint.id merupakan marketplace desain yang sudah dipercaya membuat beragam jenis motif kain, dari batik sampai seamless pattern. Kualitas terjaga dan harganya sangat kompetitif. Bisa dibuktikan dengan mengunjungi websitenya langsung.

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave a Reply